Asal Kata : Housekeeping (to keep the house)
Arti Kata : Tata = Atur (mengatur)
Graha = Bangunan (rumah,gedung)
Jadi, Housekeeping dapat diartikan sebagai kegiatan pemeliharaan dari suatu bentuk bangunan beserta seluruh fasilitasnya, yang bertujuan agar tercipta keadaan yang bersih, sehat, nyaman, dan aman baik bagi bangunan tersebut maupun penghuninya.
Tugas Dan Tanggung Jawab House keeping Departmen
Pada umumnya tugas dan tanggung jawab Housekeeping Departmen adalah memelihara hotel, atas kebersihan, kerapihan, kenyamanan kamar tamu, ruangan umum, restaurant, bar, dan outlet lainnya. Fungsi Housekeeping di hotel sangat penting karena pendapatan hotel yang paling besar adalah dari penyewaan kamar, maka Housekeeping harus diperhatikan dengan baik agar para tamu betah untuk tinggal di hotel.
A. Tugas Housekeeping Departmen
1. Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
2. Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
3. Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.
5. Pengadaan dan penyediaan linen, yang meliputi kebersihan, pemeliharaan, dan perawatan keadaan linen yang di gunakan di hotel.
6. Memberikan pelayanan tambahan yang meliputi, penitipan anak-anak, melayani bagian kehilangan dan penemuan barang tamu (lost and found) dan sebayainya.
B. Tanggung Jawab Housekeeping Departmen
1. Tanggung Jawab Terhadap Management
Pada dasarnya tenaga, material/bahan-bahan mahal harganya, untuk itu Housekeeping harus mempunyai suatu administrasi yang baikn meliputi :
a. Mengadakan supervise dan latihan terhadap karyawan hingga tercapai daya guna dan hasil guna tenaga pada titik yang optimal.
b. Memilih dan menentukan cleaning equipment dan cleaning material yang sesuai kebutuhan.
c. Selalu mengadakan inventory terhadap semua barang
d. Mengusahakan terbinanya kerja sama antar semua departmen
e. Mengusahakan system komunikasi yang baik.
2. Tanggung Jawab Terhadap Tamu
a. Menciptakan ruangan menjadi menyenangkan
b. Hygiene dan safety
3. Tanggung Jawab Terhadap Staff
Saling membantu dan menunjang tanpa mengurangi wewenang masing-masing , saling menghargai dan disiplin.
Komentar
Posting Komentar